[Review Novel] When We Were Orphans oleh Kazuo Ishiguro



Keterangan lengkap:
Judul : When We Were Orphans
Penulis : Kazuo Isihiguro
Alih bahasa : Linda Boentaram
Tebal halaman : 414
Penerbit : Elex Media Komputindo
Elex Media

Sinopsis
            Lahir pada awal abad 20 di Shanghai, Christopher Banks menjadi yatim piatu diumurnya yang ke 9 tahun.
            Lalu 20 tahun kemudian ia menjadi sosok terkenal di London. Ia menjadi seorang detektif. Namun keahlian investigasinya tidak mampu memecahkan misteri penculikan yang dialami orang tuanya.
            Banks pun kembali ke Sangai dan mencari jejak demi jejak orang tuanya yang tersisa, namun ketika itu Shanghai pun tengah bergolak karena terjadi perang di sana.

            Awalnya saya kira ini novel yang setting di Jepang, karena saya pilih lihat cover dan nam pengarangnya saja. Waktu itu lagi cari novel-novel bersetting Jepang. Ternyata settingnya di London dan Shanghai >.<.
            Awalnya lagi nih, pas baca bab pertama saya kira ini novel tentang misteri seperti Agatha Christie, tapi ternyata saya salah lagi hoho. Meski ada unsur misteri dan detektifnya, novel ini tetap bertema tentang keluarga dan latar belakang sejarah yang cukup kuat. Ah, saya memang demen sama novel dengan tema seperti ini.
            Christoper Banks lahir di Shanghai dan ia cukup betah di sana, meski bukan asli keturunan Tiongkok karena ayah dan ibunya pun bukanlah keturunan Tiongkok. Suatu hari ayahnya menghilang, dan dicari ke manapun tidak ketemu, beberapa hari kemudian ibunya yang menghilang. Semenjak ibunya dinyatakan menghilang, Christoper pun dibawa ke London oleh rekan ayah dan ibunya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak, di Shanghai ia tidak punya siapa-siapa lagi. Ia disekolahkan di sana hingga dewasa.
            Christoper ingin menjadi detektif, dan ia pun berhasil menjadi detektif saat sudah beranjak dewasa. Karena kasus ternama yang berhasil ditanganinya, ia jadi dikenal oleh masyarakat Inggris. Namun hal itu tidak membuatnya puas, bayang-bayang ayah dan ibunya yang menghilang selalu menghantuinya.
            Maka dari itu suatu hari ia memutuskan kembali ke Shanghai, untuk mencari tahu di mana ayah dan ibunya berada. Karena ia yakin mereka masih hidup. Lalu pencarian pun dimulai, namun Christoper menemukan banyak kendala, dari rekan ayah dan ibunya yang tidak mau bercerita banyak, sampai perang antara Tiongkok dan Jepang yang terjadi di Shanghai.
            Jadi, apakah Christoper bisa bertemu dengan ayah dan ibunya lagi? Kamu bisa mendapatkan jawabannya di novel ini hehe.
            Novel ini pakai sudut pandang aku, sehingga feelnya dapet banget. Kalau kamu suka dengan novel keluarga, novel ini wajib dibaca ^^/.

Share:

0 komentar